Kalibrasi Barcode Scanner

Q : Mohon infonya. Saya mau nanya, di lab kalibrasi mana yah yang bisa kalibrasi Barcode Scanner?

A1 : Kesimpulan saya, barcode scanner tidak bisa dikalibrasi sebagaimana alat ukur pada umumnya. Karena scanner bukan alat ukur. Kecuali kalau mau mengukur panjang gelombang sinar yang dipakai memindai, atau mengukur frekuensi pindaiannya. Tapi apakah perlu dikalibrasi?Sebelum “mengalibrasi” barcode scanner, harus kita lihat dulu: apakah barcode scanner itu sebuah alat ukur? Barcode bukanlah suatu besaran analog melainkan kode digital.

A2 : Coba googling “barcode calibration” kita akan menemukan beberapa standar yang berhubungan dengan itu.Mungkin yang perlu dikalibrasi adalah ukuran bar-nya  kali pak,  sehingga akurasi kodifikasi (peng-code-an) gambar memiliki akurasi terukur.

A3 : Kalau kalibrasi barnya bisa diterima, namun kita ingat bhw pemakaian scannernya kalau kita lihat di supermarket, nembaknya juga tidak harus tegak lurus, kadang kadang miring keatas, kebawah, pokoknya sembarangan saja.menurut saya barcode tidak perlu dikalibrasi, dia hanya perlu verifikasi saja, barcode bekerja berdasarkan pulse dimana pada sinar yang dikirim dan sinar yang dipantulkan pulsenya berbeda sesuai dengan bentuk barnya. dipabriknya dikalibrasi pulsenya yaitu pada titik terminal komponennya yang sudah didesain pada pcbnya. jadi menurut saya kita tidak perlu kalibrasi barcode, yang diperlukan verifikasi saja setiap saat dengan barcore yang sudah ada.

Kesimpulan :

Barcode scanner tidak perlu dikalibrasi, hanya perlu diverifikasi dengan menggunakan barcode standar.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *