Perlukah membeli Thermometer Gelas + Sertifikat Kalibrasi?

Q : Saya mau tahu sebenarnya ada tidak ya, perusahaan yang menjual langsung termometer dengan sertifikat kalibrasinya atau memang kita cuma bisa membeli termometer baru kita kalibrasi ke lembaga kalibrasi?

A : Banyak distributor atau perusahaan yang melayani kebutuhan yang Bapak maksud, tinggal masalah perjanjian dan tentunya harga juga menyesuaikan. Beberapa perusahan juga sudah bisa membuat atau merakit produk termometer lokal, seperti Pt-100, termokopel dan termometer gauge. Bahkan untuk produk termometer gauge sudah di-export ke Jepang.

Berikut yang perlu diperhatikan dalam memilih jenis termometer:

1. Sesuaikan dengan objek benda yang akan diukur. Bila benda ukur berupa cairan bisa menggunakan termometer gelas (liquid in glass thermometer) atau probe termometer (Pt-100/RTD, termistor, termokopel dll.). Bila benda ukur berupa permukaan bisa menggunakan termometer infrared atau surface thermometer. Untuk oven, inkubator, chamber, bisa menggunakan kawat termokopel (thermocouple wire).

2. Sesuaikan akurasi termometer dengan jenis pengukuran yang biasa dilakukan. Apakah pengukuran yang dilakukan perlu akurasi tinggi? seberapa akurat 1oC, 0.1oC, 0.01oC? Bila termometer tersebut akan dijadikan standar/working standard maka harus mempunyai akurasi yang cukup baik.

3. Umumnya merek menggambarkan kwalitas, untuk produk luar diantaranya Hart Scientific, Isotech, Chino, Guideline, ASTM, ASL, MI, Raytek, dll. tapi harganya memang cukup mahal. Untuk produk lokal diantaranya KRUPP-CLOSS, Yamamoto dll.

4. Kalibrasi perdana sebaiknya dilakukan oleh lab kalibrasi yang kompetensinya memadai (Lab yang terakreditasi KAN) untuk mengetahui termometer yang kita beli sesuai spesifikasi atau tidak.

5. Berbagi pengalaman adalah paling penting untuk mengetahui performance secara real dari suatu alat ukur ketika digunakan di lapangan. Perlu diketahui beberapa tipe termometer terkenal juga sering bermasalah ketika dipakai di lapangan jadi pastikan itu tidak terulang dan terjadi kepada kita.

Tambahan :

1. Berdasarkan pertemuan minamata (Minamata Convention on Mercury) yang diadakan di Minamata and Kumamoto, Jepang dari 9 s/d 11 Oktober 2013. Maka negara-negara penandatangan, akan secara bertahap mengurangi penggunaan merkuri/air raksa dalam kehidupan sehari-hari. Oleh sebab itu, untuk masa yang akan datang, thermometer gelas akan lebih banyak yang menggunakan alkohol.

2. Sering kali, pada saat membeli thermometer gelas, pengguna tidak mempertimbangkan siapa yang mampu mengkalibrasinya. FYI, tidak banyak lab yang bisa mengkalibrasi thermometer gelas dengan resolusi 0,05 Celcius, apalagi 0,01 Celcius. Oleh karena itu, pada saat pembelian, disarankan belilah yang sesuai dengan kebutuhan, bukan sesuai kemampuan finansial. (Kami pernah mengalami kasus, ada seorang pelanggan yang membeli thermometer gelas dengan resolusi 0,01 Celcius, dengan alasan “Kami mampu beli koq, dan kami menginginkan yang terbaik”. Padahal, lab tersebut hanya membutuhkan resolusi 0,1 Celcius, alhasil, mereka kesulitan mencari lab yang bisa mengkalibrasi alat tersebut).

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *